Headlines News :

Sunday, September 30, 2012

Pengenalan Dasar Bahasa Pemrograman


Sebelum belajar sebuah bahasa pemrograman ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sejarah dari bahasa pemrograman tersebut. Berikut sejarah dan pengertian dari masing-masing bahasa program yang akan kita pelajari di blog ini.
  • Bahasa C pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1972 oleh Dennis Ritchie yang adalah seorang pakar pemrograman di Laboratorium Bell (USA). Sedangkan Bahasa C++  merupakan penyempurnaan dan pengembangan dari program C itu sendiri yang berhasil dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. C dan C++ ialah compiler untuk membuat aplikasi yang umum dan juga merupakan bahasa tingkat menengah yang sering digunakan untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun mikrokontroler. Untuk mempelajari pemrograman C/C++, anda memerlukan sebuah perangkat lunak diantaranya Turbo C, Turbo C++, Borland C++, C++ Builder atau Visual C++, sedangkan unutk Visual C++ .NET sudah memiliki banyak perbedaan dari segi tampilan GUI dan beberapa model pemrogramannya yang dikenal dengan istilah managed C++.
  • Bahasa pemprograman Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60 yang dikembangkan oleh beberapa ahli computer pada tahun 1960-an, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Pada tahun 1971, dia berhasil membuat sebuah bahasa tinggi yang telah tertruktur (highly-structured language) yang sekarang dikenal dengan bahasa PASCAL. Pascal bersifat data oriented, yang memberikan keleluasaan bagi para programmer untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (salah satu bahasa yang banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman).
  • PHP adalah bahasa pemrograman komputer yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP memiliki kelebihan-kelebihan dibanding dengan bahasa sejenis, seperti Perl dan CGI. PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, pada awalnya tidak untuk didistribusikan dan hanya digunakan pada homepage pribadinya. Pada tahun 1995 dikeluarkan versi pertama yang dapat digunakan oleh umum dengan nama Personal Home Page Tools.
  • Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman yang bersifat  visual dilengkapi dengan interface yang terintegrasi dengan windows memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi. Ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic adalah FORM, dimana pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan dalam script yang sangat mudah.
  • Javascript pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 oleh Netscape, awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Perkembangan LiveScript berhasil memperkenalkan sebuah pengembangan bahasa pemrograman Java berkat kerjasama antara Netscape dan Sun yang sekarang dikenal dengan nama “JavaScript” yang hadir pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser Internet Explorer 3. Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML, sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.
untuk reverensi lainya bisa download disini ato disini kalo pengen lebih lengkapnya klik disini.. Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment